PKM STAIMA Al HIKAM 2008

Rombongan santri mahasiswa STAIMA Al Hikam ke desa tajinan disambut dengan tangan terbuka oleh keluarga besar Pesantren Bahrul Ulum Tajinan Malang yang merupakan sasaran pengabdian sekaligus basecamp santri-santri PKM. Langkah mahasiswa pada hari pertama PKM 2008 adalah sosialisasi terhadap pesantren dan masyarakat, sehingga dalam waktu singkat santri mahasiswa STAIMA ini telah memiliki beberapa lahan dakwah diantaranya PP. Bahrul Ulum dan dua dusun binaan yaitu dusun Karang Nongko dan dusun Klagen. Dengan program harian diantaranya mengajar Madrasah Diniyah PP Bahrul Ulum, pelatihan perpustakaan santri-santri Bahrul Ulum, melatih terbangan Banjary, mengajar TPQ dusun Karang nongko dan dusun Klagen dan pengajian rutinan sehabis sholat Maghrib untuk masyarakat umum.
Pada tanggal 13 Juni 2008 santri mahasiswa ini berhasil melaksanakan program pertama yang bekerja sama dengan Bank BI dengan tema Pengenalan Terhadap Keaslian Mata Uang Rupiah, dengan dihadiri sekitar 150 peserta dari kalangan santri dan masyarakat. Kemudian dilanjutkan Diklat perpustakaan pada tanggal 15 Juni 2008 dengan tema Diklat Pengembangan Manajemen Perpustakaan yang menghadirkan pemateri dari Pesma Al Hikam Sokhibul Ansor, S. Sos , diklat ini dihadiri sekitar 70 guru-guru SD, Mi, SMP, MTs se-Tajinan, Tumpang dan Bulu Lawang.

Selanjutnya pada hari Sabtu tanggal 28 Juni 2008 diteruskan dengan program terakhir Semiloka Pendidikan dengan tema Inovasi Pendidikan yang menghadirkan Prof. Dr. Kasuwi Saiban, M. Ag dan Prof. Dr. Mujammil Qomar, M.Pd.
Pada tanggal 27 Juni 2008 program ketiga pengajian akbar berhasil dilaksanakan dengan menghadirkan pengasuh Pesma Al Hikam KH. Hasyim Muzadi, acara ini sedianya untuk pelepasan santri mahasiswa STAIMA Al Hikam pada hari terakhir tanggal 30 Juni 2008, namun karena kesibukan pengasuh terpaksa waktu diajukan, namun hal ini tidak mengurangi antusias masyarakat untuk menghadiri acara ini, walaupun banyak masayarakat yang menyesalkan pengajuan waktu acara sehingga mereka tidak hadir. Pada acara ini KH. Hasyim Muzadi memberikan motivasi untuk masyarakat untuk tidak tanggung-tanggung dalam memberikan pendidikan terhadap anak-anaknya, dan yang tidak kalah penting adalah bagaimana anak-anak mereka menjadi baik, salah satunya adalah dimasukkan ke pesantren. Kali ini pengasuh Pesma Al Hikam ini mengucapkan terima kasih kepada masyarakat, atas sambutan baik masyarakat terhadap santri mahasiswa STAIMA Al Hikam yang melaksanakan PKM di desa mereka dan sekaligus memamitkan kepada masyarakat atas selesainya program PKM.
By: MWH

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>